Sunday, August 18, 2013

Dengeki Sentai Changeman

 
 Serial sentai yang satu ini belum pernah tayang di Indonesia. Tapi, ada yang bilang serial ini pernah tayang di TVRI tahun 1990. Nggak tau deh mana yang bener. Aku aja baru nonton serial ini tahun lalu, kok hahahaha....

Sentai ini adalah rilisan ke 9 dari seri sentai Toei. Tayang tahun 1985-1986. Termasuk sentai laris di Jepang dan Brasil. Episode pun terpanjang (55 episode) setelah Gorenger tahun 1975-1977.
Ceritanya :

Dai Sei Dan Gozma (Liga Bintang Besar Gozma) yang dipimpin oleh Sei Ou Bazoo (Raja Bintang Bazoo) bercita-cita ingin menaklukkan semua planet yang ada di semesta ini dan tunduk padanya. Setelah puluhan tahun, Dai Sei dan Gozma telah menaklukkan ratusan planet. Pasukan Raja Bazoo pun berasal dari planet-planet yang sudah dia taklukkan. Untuk memperluas kekuasaannya, salah satu incaran Raja Bazoo adalah planet Bumi, yang terkenal dengan penghuninya yang banyak dan planet yang sangat indah.

Karena tahu ancaman akan datangnya alien yang hendak menguasai, Bumi pun bersiap. Dibentuklah organisasi militer bernama Earth Force. Earth Force ini ada di beberapa negara. salah satunya di Jepang. Di Earth Force, dikembangkan teknologi dan persenjataan untuk melawan alien.

Nggak cuma teknologi dan sejata. Earth Force juga melatih pasukan militer khusus. Pasukan ini seperti pasukan elite yang berasal dari berbagai divisi di Earth Force, dimana hanya anggota terbaik yang berhak mengikuti pelatihan khusus yang super keras dan kejam ini.Pasukan ini dikomandani oleh seorang pria yang tangguh, keras kepala, dan (sebetulnya) kebapakan, yang bernama Komandan Ibuki Yui.

Setelah melalui pelatihan keras yang sangat melelahkan (dan membuat mereka sangat kelaparan), tiba-tiba muncul pasukan Gozma yang hendak menghabisi seluruh pasukan pelatihan. Dengan keinginan kuat untuk bertahan hidup dan melindungi teman-temannya, 5 pemuda yang tadinya putus asa dan berniat berhenti dari pelatihan pun nekat menyerang pasukan Gozma yang kejam. Tak disangka, ternyata muncul kekuatan aneh yang merasuki mereka berlima. Kekuatan Bumi yang ditransfer kepada 5 orang tersebut.

Ternyata, Komandan Ibuki sangat mengharapkan itu terjadi. Dia pun dengan bangga mengatakan bahwa mereka berlima adalah yang terpilih untuk melindungi bumi.

Changeman :

1. Tsurugi Hiryuu (Change Dragon)
22 tahun, anggota Divisi Udara Earth Force. Leader Changeman. Penerbang handal. Jurus serangan : Dragon Attack, Dragon Thunder, Dragon Kick.

2. Hayate Shou (Change Griffon)
23 tahun, anggota Divisi Keamanan Earth Force. Co-leader Changeman. Tangkas dalam beladiri dan duel fatal. Jurus serangan : Griffon Attack, Griffon Magma Galaxy.

3. Oozora Yuuma (Change Pegasus)
20 tahun, anggota Divisi Darat Earth Force. Pakar mesin dan persenjataan. Jurus serangan : Pegasus Attack, Pegasus Inazuma Spark.

4. Nagisa Sayaka (Change Mermaid)
 21 tahun, anggota Divisi Strategi Earth Force. Ahli strategi dan anggota yang paling tajam otaknya. jurus serangan : Mermaid Attack, Mermaid Typhoon Wave, Mermaid Big Wave.

5. Tsubasa Mai (Change Phoenix)
20 tahun, anggota Divisi Intelijen Earth Force. Ahli dalam penyamaran dan balap motor.Jurus serangan : Phoenix Attack, Phoenix Fire, Phoenix Fire Bomber.

Senjata :
1. Change Brace (henshin brace)
2. Change Sword
3. Power Bazooka (gabungan dari bazooka tiap member)

Kendaraan :
1. Auto Changers. Motor.
2. Change Cruiser. Mobil 4WD.
3. Jet Ski. Untuk digunakan di laut.

Mecha :
1. Shuttle Base. Pesawat besar yang bisa terbang ke luar angkasa. Semua mecha yang digunakan disimpan di Shuttle Base.
 2. Change Robo. Terdiri dari : Jet Changer (dikemudikan Change Dragon), Heli Changer (dikemudikan Change Griffon dan Change Mermaid), dan Land Changer (dikemudikan Change Pegasus dan Change Phoenix)
Sekutu : 

1. Komandan Yui Ibuki
Komandan pasukan. Ternyata dia adalah alien dari planet Heathian yang pindah ke Bumi untuk membentuk Earth Force. Planet Heathian hancur dimusnahkan Gozma. 

2. Nana
 Alien dari planet Rigel, planet yang terkenal dengan kecanggihan teknologi dan penduduknya yang memiliki kecerdasan luar biasa. Nana yatim piatu karena orang tuanya dibunuh Gozma.Di episode awal, Nana adalah anak kecil berusia 8 tahun. Di episode pertengahan, Nana mengeluarkan Rigel Aura dan mengubahnya menjadi sosok remaja yang cantik dan cerdas. Nana banyak andil membantu Changeman melawan Gozma. Nana juga menyukai Tsurugi Hiryuu sejak mereka pertama kali bertemu, walau tampaknya tidak mungkin bagi mereka untuk bisa bersama. Nana menyelamatkan Sheema dari kejaran Gozma dan membantunya untuk mengingat masa lalunya.

3. Sakura
Alien dari planet Meruru. Dia membantu Changeman untuk menemukan Komet Halley di episode akhir. Karena bantuan Sakura, Changeman bisa menemukan persembunyian Raja Bazoo.

4. Zoori dan Waraji
Istri dan anak salah satu prajurit Gozma, Gator. Berasal dari planet Navi, yang akan dimusnahkan Gozma bila Gator tidak bekerja dengan baik. Di episode menjelang akhir, Gator menjadi sekutu Changeman. 

Penjahat :

1. Sei Ou Bazoo (raja Bazoo)
Raja Gozma. Sebetulnya dia bukanlah apa-apa. Dia hanya alien biasa dari planet Gozmastar.

2. Komandan Giluke
 Dari planet Grass. Merupakan pemimpin serangan ke Bumi.

 3. Ajudan Sheema

















Puteri dari kerajaan Planet Amanga. Bersuara laki-laki. Tapi ketika dia mati dibunuh oleh Booba dan hidup kembali, dia berubah menjadi puteri cantik berhati lembut dan bersuara layaknya perempuan. Menjadi sekutu Changeman. 

4. Ajudan Booba
 Pembajak angkasa dari planet Gras. Dibunuh oleh Ahames di episode 52 dan mengembalikan Sheema ke wujud asalnya.

5. Ratu Ahames
Ratu planet Amazo. Sangat kejam. Berusaha menjadi kesayangan Raja Bazoo. Membenci Giluke yang merupakan pesaingnya. 

6. Gator
 Alien dari planet Navi. Merupakan navigator Gozmard (pesawat besar Gozma). Memiliki istri dan anak yang menjadi sekutu Changeman. Hidup Gator dalam bayang-bayang ketakutan dalam ancaman Gozma, yang menyebabkan dia harus bekerja untuk Gozma. Di episode menjelang akhir, dia menjadi sekutu Changeman.

7. Gyodai
Monster dari Planet Gyodai. Tidak bisa bicara. Bisa mengubah monster menjadi raksasa. Gyodai sangat kesepian. Akhirnya ditolong Changeman dan menjadi sekutu. Membantu Changeman ketika mengalahkan Raja Bazoo. 

8. Prajurit Hidora
Prajurut berwarna biru, berambut gondrong pirang, berwajah sangat jelek dan menjijikkan.


No comments:

Post a Comment