Saturday, August 17, 2013

Dengeki Sentai Changeman ep. 1 : Arrival ! Secret Power !



Episode awal yang harus ditonton dulu biar ngerti ceritanya kayak apa. Di awal, kita bakal disuguhi pelatihan militer yang keras dan komandan yang kejam (dalam arti baik). Sepasukan militer yang dinamakan "Earth Defense Force (Japan branch)" dilatih mati-matian yang entah untuk apa. Komandan sendiri tidak memberitahu untuk apa mereka harus melewati "hellish training" (menurutku agak aneh juga, kok mereka mau aja digituin).
Emang dasarnya beberapa orang dari pasukan itu konyol, pas latihan masih sempet aja :
 Makan onigiri karena laper berat dan nyisir biar ganteng.
Sampai akhirnya mereka harus berhadapan dengan si Komandan Ibuki, karena mereka nggak kuat kuat lagi. Awalnya ada satu anggota pasukan yang marah dan berniat berhenti (karena dia gagal dapetin cewek selama pelatihan), namun si komandan malah marah dan menembaki satu orang tersebut. Untungnya nggak kena sasaran. Semua anggota pasukan justru membelot dan berhenti dari pelatihan. Mereka kabur ke hutan, sampai ada  yang pingsan gara-gara kelaperan (onigirinya jatuh pas ditembakin Komandan)
Mereka kabur melewati hutan yang tiba-tiba ada banyak telur raksasa (yang akan dimasak karena mereka sangat lapar). Ternyata isinya pasukan Hidora yang bentuknya (menurut saya) jelek dan menjijikkan (sepanjang sejarah sentai). Mau tidak mau, mereka melawan pasukan Hidora dan monster Gabbu yang akan membunuh mereka semua.



Seru-serunya bertarung, sekelompok pasukan berjumlah 5 orang, harus berhadapan dengan Gabbu, pasukan Hidora dan seorang kapten penjahat bernama Booba. Berusaha bertahan agar tetap hidup, 5 orang itu bertekad untuk melawan. Tiba-tiba ada kekuatan aneh yang merasuki mereka. Jadilah mereka berkostum ketat warna warni (hahahaha). Saat itu juga, mereka tiba-tiba "diangkat" oleh pesawat besar (namanya Shuttle Base).
Disitu, 5 orang tersebut bertemu dengan Komandan Ibuki (yang kayak setan). Komandan memberitahukan kalau mereka "dipilih oleh bumi" dan diberikan kekuatan untuk melindungi bumi dengan menjadi "Pasukan Elektrik Changeman" (hahahha...Dengeki Sentai Changeman, deh). Mereka harus melawan Gozma, kerajaan besar yang ingin menguasai semesta dengan menaklukkan planet-planet yang ada di semesta ini, dengan pimpinan Raja Bazoo. Gozma selama ratusan tahun sudah menaklukkan puluhan planet dan membunuh penghuninya.


Kelima pemuda itu bertekad melindungi bumi dengan menjadi Changeman. Mereka adalah : Tsurugi Hiryuu (Merah. Change Dragon. Divisi udara), Hayate Shou (Hitam. Change Griffon. Divisi keamanan), Oozora Yuuma (Biru. Change Pegasus. Divisi darat), Nagisa Sayaka (Putih. Change Mermaid. Divisi strategi), dan Tsubasa Mai (Pink. Change Phoenix. Divisi intelijen).


Senjatanya tuh haha. Namanya "Power Bazooka". Masing-masing punya satu, dan digabungkan. Jadilah bazooka dahsyat. Monster Gabbu mati ditembak bazooka. Tapi, seperti semua serial sentai, monster mati bisa dihidupkan lagi dan jadi raksasa. Bedanya adalah metode membangkitkan monsternya. Di serial ini, monster dibangkitkan oleh hewan angkasa bermata satu, Gyodai.
Gabbu yang jadi raksasa pun melawan Change Robo, yang tiba-tiba terbang entah darimana. Seperti biasa, monster mati oleh robot dengan "closing" (basa jepangnya todomeda, sih, hahaha) ditebas pedang.

Awal baru bagi 5 pemuda untuk menjadi Changeman. Awal baru mereka akan kurang istirahat, luka-luka, diancam alien, dll. Oh my.... besok aku terusin.

Trivia :
1. Suit actor Change Dragon, Niibori Kazuo, muncul sebagai salah satu anggota pasukan yang dilatih.
2. "Ship-tease" antara Tsurugi dan Sayaka bahkan sudah muncul di episode ini, ketika Tsurugi memeluk Sayaka di tanah untuk melindungi Sayaka dari tembakan Komandan Ibuki.
3. Semua anggota pasukan militer menggunakan henshin brace. Memberi kesan kalau siapapun bisa menjadi Changeman.
4. Kenapa tiba-tiba mereka bisa tahu henshin pose, ya ? Apa sudah diberitahu oleh Komandan ? Sudah latihankah ? (pertanyaan untuk semua serial sentai)
5. Changeman terlihat selalu bersama dalam pelatihan militer. Apakah mereka memang sudah berteman baik sebelum masuk kamp pelatihan ??
6. Auto Changer (motornya Changeman) kok bisa terbang ????


No comments:

Post a Comment